Senin, 29 November 2010

Apa itu Nen?


Nen artinya membakar aura. Sedangkan aura itu artinya energi kehidupan. Semua makhluk hidup mengeluarkan energi ini, yang biasanya keluar secara tidak sadar dalam bentuk panas atau listrik, yang jelas ada gelombangnya. 
     Intinya energi itu keluar dari tubuh begitu saja, tidak terkontrol, yang artinya nggak efektif, karena buang2 energi.





TEN
Cara untuk mempertahankan aura disekitar tubuh disebut ten. Biasanya ten bisa dipelajari dengan meditasi,menggunaka teknik paksaan yang namanya gehou (mentransfer energi), sehingga energi2 negatif (kotoran) yang menyumbat souko (saluran aura keluar) bisa keluar, seperti pipa yang kotor terus dikasih air yang deras
Ten berguna biasanya berguna untuk mempertahanakan diri dari aura/fisik lawan, menghemat energi, dan untuk awet muda



ZETSU
Cara untuk menyembunyikan/memendam aura dalam tubuh disebut zetsu. Sperti yang udah dibilang, zetsu berguna untuk menghilangkan keberadaan, juga kalau sedang kelelahan  memakai zetsu, supaya hemat energi. Tapi zetsu bikin kita tidak punya pertahanan (ingat fungsi ten), dan tidak bisa menggunakan aura (akan dibahas nanti)

REN
Cara untuk mengeluarkan aura sekuat2nya disebut ren. Karena ren mengeluarkan aura dengan sangat  deras, maka biasanya membuat kta lelah. Lalu apa gunanya ren? Tenang, dibahas dibawah.

HATSU
Ternyata, aura selain sebagai energi kehidupan, bisa digunakan untuk berbuat sesuatu. Ren mengeluarkan aura dari dalam tubuh, sedangkan cara untuk menggunakan aura itu untuk berbuat sesuatu disebut hatsu. Apa yang bisa orang lakukan dengan hatsu. Jawabannya tergantung dari tipe hatsu (yang biasanya ditentukan oleh kepribadian, garis keturunan, pengalaman hidup, dan lain2)..

dan tipe2 hatsu itu sebagai berikut:

Kyouka
Inti dari kyouka adalah bikin lebih kuat. Apa aja, dari petahanan, kekuatan serangan, kecepatan, sampai penyembuhan fisik.
Ciri kepribadian: lugu, sederhana dan naif

Henka
Semua sifat material itu tergantung ama susunan elektron, gerakan elektron, dan energi di elektron itu. Henka mengubah sifat benda, yang artinya dia merubah elektronnya. Henka bisa mengubah materi dengan (semua) perubahan dari reaksi kimia, dari kepadatan, viscositas, adhesi kohesi, muatan listrik, panas benda, rasa, aroma, dan lain2. misal seseorang bertipe henka mau mebuat benda jadi punya tingkat magnet yang lebih, dia hanya perlu menginterpretasikan (merasakan dan mengingat) magnet, dan secara tidak sadar dia bakal membuat setiap elektronnya jadi tidak berpasangan.
Ciri kepribadian: tidak terduga, biasa mnyembunyikan kemauan, dan biasanya jadi pembohong, angin2an.. pokoknya ini orang terlalu santai

Houshutsu
Houshutsu berurusan dengan jarak dan dimensi ruang. Houshutsu bisa melepas auranya dari tubuh dengan tetap tidak kehilangan kontrol akan auranya. Semua yang berhubungan dengan jarak houshutsu bisa. Mulai dari teleport, tembakan kamehame, warp, tracer, bikin ruangan dengan berbeda dimensi
Ciri kepribadian:tidak sabaran, blak2an, ngeluarin semua apa yang dirasain.

Gugenka
  Bila massa dan energi bisa berputar teratur dan stabil, maka bakal ada materi. Inti dari gugenka itu menciptakan materi. Kayak kurapika (yang menciptakan rantai, bahkan rantai yang punya kekuatan khusus (misal membuat yang dirantai terjatuh dalam status zetsu)
Ciri kepribadian: sensitif dan imaginatif

Sousa
Inti dari sousa adalah mengontrol. Orang bertipe sousa bisa mengontrol orang, benda, dll. Kayak dihipnotis. Tapi sousa tidak  bisa menggerakan kemauan orang.
Ciri kepribadian: biasa beralasan logis, persuasif, biasanya suka ngomong atau pidato..suapaya orang menuruti maunya

Tokushistu
Tokushistsu adalah tipe hatsu yang spesial. Semua yang tipe lain tidak bisa, dia bisa. Karena orangnya biasa individualis (lihat ciri kepribadian), jadi dia harus bisa semua bidang, yang akhirnya dia bisa semua tekhnik tipe diatas (dengan effisiensi 100%). Hal2 spesial bisa dilakukan, biasanya berhubungan dengan kehidupan, kematian, aura (nen), waktu, takdir dan nasib, pikiran, dan lain2
Ciri kepribadian: individualis, rumit, dan beberapa kasus karena dia spesial (keturunan raja, ksatria, atau hanya karena kembar)


Ini diatas adalah bagan hatsu. Makin jauh hatsu yang mau dipelajarinya, makin susah (susah dipelajari dan diingat rasanya, karena kepribadiannya nggak match dengan cara pikir yang diperlukan) dan makin tidak effisien. Contoh ada orang bertipe kyouka punya mau mempelajari skil lain. Maka efisiensi dia menggunakan skil henka dan housuhtsu adalah 80% (yang artinya untuk 100% kekuatan dia butuh ((100/80)-100=) 25% energi ekstra) sedangkan untuk skill sousa dan gugenka efisiensinya 60% (yang artinya untuk 100% kekuatan dia butuh ((100/60)-100=) 66,7% energi ekstra). Sedangkan skill tokush1tsu 0% (karena spesial).

Atau orang berhatsu gugenka mau mempelajari skill yang lain. Maka effisiensi untuk henka=80%, sousa dan kyouka=60% dan houshutsu=40%. Tokush1tsu tetep 0%


Kombinasi  Teknik-Teknik Dasar Dalam Nen

GYO
Gyo adalah cara untuk memusatkan aura.. sehingga aura pada bagian tertentu lebih banyak/besar tingkat energinya dibanding bagian tubuh yang lain.. dipusatkan ke mata.. jadinya mata bisa melihat aura... tanpa gyo sebetulnya juga bisa 

KEN
Ken adalah teknik gabungan ren dan ten.. seperti ren, aura dikeluarkan.. tapi lebih kuat lagi, sehingga bisa berfungsi melindungi diri... (seperti bayangan air yang mengalir)jadi, jika memakai Ten, akan lebih capek daripada menggunakan Ren

SHU
Shu adalah teknik untuk menganggap suatu benda sebagai bagian tubuh si pengguna.. jadi di benda itu juga akan dialiri aura...

EN
En adalah teknik untuk memperluas jangkauan ten.. biasanya ten cuma beberapa cm aja dari permukaan tubuh.. paling banyak juga 10 cm... dengan En bisa diperluas sejauh yang diperlukan (tergantung kemampuan masing)... kepekatan auranya juga tergantung si pemakai.. tapi yang jelas lebih nggak pekat dibanding ten... En biasanya tidak digunakan sebagai pelindung (karena kurang pekat), tapi lebih memanfaatkan jangkauannya untuk mendeteksi segala benda yang ada di jangkauannya..

IN
IN, gabungan dari ren dan zetsu.. maksudnya, aura dikeluarkan,, tapi nggak dibiarin bocor/menguap.. misal, kurapika saat kurapika menggunakan in (pas lawan ubogin), dia ngeluarin sejumlah aura (yang kira2 bentuknya panjang) untuk membuat rantai... tapi aura yang panjang itu sama sekali nggak bocor.. karena aura bisa menunjukan keberadaan.. klo auranya kerasa, ubogin bakal tau bahwa dia lagi ditempelin aura..
Sama kayak pas hisoka menggunakan bungee gum, dia ngeluarin aura, dan nempelin di pipi gon, tapi gon sama sekali nggak nyadar..

KOU
Kou, gabungan dari semuanya..ten, ren, zetsu, hatsu, dan gyo... maksudnya, mengeluarkan aura dengan maksimal (kayak ken) pada bagian tubuh tertentu sedangkan bagian tubuh lain nggak dikasih aura (zetsu).. jadinya di tempat yang keluar aura, aura bisa keluar dengan maksimal..
Ini jelas sangat kuat... buat serangan bisa kuat banget (kayak „jan ken gu“-nya gon)buat perlindungan amat canggih.. masalahnya bagian lain sama sekali nggak terlindungi oleh aura.. jadi harus liat sikon.. klo nggak jelas, musuh mo nyerang bagian mana, mendingan pake gyo aja, jangan kou.

Dalam dunia nen dikenal teknik meperkuat yang cukup nggak main2, yaitu dengan cara memberikan batasan, syarat dan resiko, atau apapun itu..

misal:
-kurapika yang membatasi chain jailnya agar cuma bisa dipake untuk menangkap ryodan,, klo nggak dia kehilangan nyawanya
-kaito yang bikin syarat: apapun senjata yang keluar walaupun nggak suka, harus tetep dipake
- franklin yang motong jari2nya supaya keliatannya lebih keren
- gon, yang harus ngomong jajankennya...
- veze yang harus mencium targetnya dulu...
dan sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar